FullDay School adalah dimana sekolah menerapkan waktu belajar disekolah selama 8jam belajar per hari dan hanya selama 5 hari yang mana siswa akan menghabiskawaktunya dengan belajar diskolah.Dengan begitu siswa akan banyak mengisihal-hal positif dikesehariannya diskolah. Perlu di ketahui bahwa bukan berartisiswa akan terus belajar selama 8 jam, melainkan siswa akan melakukankegiatan-kegitan tambahan seperti ekstrakurikuler atau ekskul, yang diharapkandapat menanamkan nilai-nilai karakter pada diri siswa seperti disiplin,jujur,cinta tanah air, dan toleransi.

Tujuandari program full day school adalah untuk mengembangkan mutu pendidikan,sebagai salah satu pembinaan akidah dan ahklak siswa dan menanamkan nilai-nilaipositif pada siswa. Dengan adanya program ini siswa dapat memiliki kesempatanuntuk berkumpul dengan teman sebayanya dengan lebih baik. Siswa akan mengenalteman sebayanya bahakan berpotensi menemukan teman dengan memilki hobi yangsama dengannya sehingga termotivasi untuk mewadahi hobi tersebut dalam sebuahprestasi yang membanggakan.Programini diterapkan untuk siswa tingkat menengah pertama atau smp dan tingkatmenengah atas atau sma.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Full Day School sebenarnya memiliki urikulum inti yangsama dengan kurikulum lainnya, namun memiliki kurikulum lokal. Dengan demikiandiharapkan siswa mendapatkan kondisi yang lebih baik dalam bidang akademik maupunnon akademik.Adabeberapa alas an mengapa full day school dibutuhkan, seperti pengaruhgelobalisasi yang berdampak negatif terhadap perkembangan kepribadian siswa.Karena itu full day school adalah salahsatu cara terbaik untuk mengatasi dampaknegaif dari perkembangan gelobalisasi untuk perkembangan kepribadian siswa.Namun untuk menerapkan program full day school tersebut di Indonesia tidaklahmudah. Krena banyak faktor yang mempengaruhi penerapan program tersebut.

Seperti budaya,kebiasaan siswa, ekonomi, dan juga sarana prasarana sekolahtersebut.Begitubanyak dampak positif yang bisa didapatkan apabila program ini diterapkan.Siswa akan menjadi lebih aktif dalam bidang akademik maupun bidang nonakademik.

Dengan begitu siswa-siswa akan menjadi lebih berkualitas dan jugamemiliki kepribadian yang baik. Karena kita memiliki siswa-siswa yangberkulitas maka tentu saja akan berdampak kepada perkembangan Indonesia yangmungkin dapat menyebabkan Indonesia menjadi Negara maju.   

x

Hi!
I'm Katy!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out