Oleh :Friska Chairunnisa (1608106128)E-mail: [email protected]  Ilmu Tarbiyah dan KeguruanIAIN Syekh Nurjati CirebonJl.

Perjuangan By Pass sunyaragi, Tlp 0231 481264, kota Cirebon ABSTRAK    Kata Kunci: Lipid, Lemak jenuh, Lemak Tak jenuh Pendahuluan Menjadi sehat adalah impian dari semua orang. Salahsatu faktor bertahan hidup adalah makan. Makan merupakan kebutuhan yang tidakdapat dilepas bagi kehidupan manusia. Seseorang merupakan cerminan dari makananyang dikonsumsi. Seorang yang mengkonsumsi makanan sehat, memiliki tubuh yangsehat. Sedangkan manusia yang makan makanan sembarangan, akan memiliki kondisitubuh kurang baik.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Efek dari apa yang dimakan tidak langsung terlihat, namunakan tercermin dalam beberapa tahun mendatang. Salah satu makanan yang palingbanyak dikonsumsi oleh tubuh adalah minyak. Beberapa orang berpikiran bahwamengkonsumsi minyak dapat membuat gemuk, tidak sehat dan tinggi kalori. Manusiamembutuhkan salah satu lemak didalam tubuh, yaitu kolestrol. Kolestrol merupakanbahan dasar pembentukan steroid. Dalam keadaan normal, kolestrol di produksioleh tubuh dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Kadar kolestrol akanberbahaya jika kadar kolestrol dalam tubuh kita meningkat.

Meningkatnya kadarkolestrol disebabkan oleh asupan makanan yang dikonsumsi, yaitu mengkonsumsiberlebihan lemak hewani seperti telur, dan daging.  Lipid merupakan suatu kelompok lemak yangdapat ditemukan didalam jaringan tanaman dan hewan. Berbagai jenis lipiddiantaranya, yaitu lemak, fosfolipid, sfingomielin, lilin dan sterol. Lemak merupakanester dari asam lemak dari gliserol dan tersimpan sebagai suatu sumber energi yangdigunakan dalam jangka panjang sehingga lemak juga memiliki peran sebagaicadangan energi pada waktu kekurangan makanan. (Sargentet al., 2002).

Lemak terbagi menjadi dua, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. lemakdan minyak merupakan jenis lipid yang paling banyak di alam dengan perbedaanyang signifikan. Perbedaan anatara lemak dan lipid terdapat pada sifatfisiknya, yaitu apabila lemak memiliki betuk yang padat, sedangkan minyakberbentuk cair.

(ketaren, 1986)Lemak/ lipid banyak yang mengkategorikangemuk. Beberapa orang berpendapat bahwa yang membuat orang gemuk adalahkonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak sehingga terjadilah penumpukanlemak. Hal tersebut dapat dijadikan acuan, namun tak semua lipid itu berbahaya.Berbagai lipid dapat digunakan sebagai obat seperti omega terdapat dariberbagai makanan. Berbagai suplemen obatpun mencantumkan :mengandung lemarkertas      Pembahasan   Kesimpulan   Daftar Pustaka/ Reference   

x

Hi!
I'm Katy!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out