PENDAHULUANLATAR BELAKANG            Jika kita mendangar kata sampah,pertanyaan yang ada dipikiran kita ada sesuatu hal yang kotor, berbau,seharusnya dibuang dan tidak berguna. Sampah memang tidak lepas dari kehidupankita sehari – hari terutama sampah pelastik. Dalam satu hari, manusia dapatmenghasilkan sampah. Beberapa acuan sumber menyebutkan segala jenis hal dapatdikategorikan sebagai sampah jika merujuk ke hal – hak seperti berikut. MenurutWorld Health Organization (WHO) dalam Chandra (2006) sampah adalah sesuatu yangtidak digunakan, dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yangberasal dari kegiatan manusa dan tidak terjadi dengan sendirinya. TUJUAN            Bila kebijakan ini dilakuandiharapkan masyarakat tidak lagi menggunakan kantong plastik, dan beralih keecobag.

Yang lebih ramah lingkungan dan dapat dipakai berulang – ulang  PERTANYAAN·        Apakah dengan melakukankebijakan kantong plastic berbayar akan mengurangi penggunaan kantong plastik?·        Apakah tindakanpemerintah jika masyarakat tidak menerimanya ?·        Apakah pengganti darikantong plastik ?ISIBerdasarkan opini dari Kartasasmita, Ferry (2010) “Mendukung Kantong PlastikBerbayar.” Beliau setuju dengan kebijakan kantong plastic berbayar, karenadapat mengurangi penggunaan kantong plastik itu sendiri dan mengurangi pencemaran. Dan Indonesia juga menyumbangsampah plastik terbanyak setelah Tiongkok. FEBREHANESK (2016) jugasetuju dengan penerapan kebijakan kantong plastik berbayar, belau beranggapanbahwa Mengubah pola hidup masyarakat Indonesia yang sering menggunakan kantongplastik dan harga yang ditetapkan juga teralu murah sehingga masyarakat takmenguraukannya.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Magang Dua (2016) juga menyutujuidengan diberlakukan kebijakan jika tahapan yang jelas, ukuran yang jelas, danteridentifikasi maksud dan tujuanya. Pemerintah harus mengambil peran dalammelaksanakan kebijakan ini, agar dapat berjalan dengan bai dan dapat memenuhitarget yang ingin dicapai.            KESIMPULAN                        Banyank dari masyarakatyang setuju dengan diberlakukannya kebijakan kantong plastik berbayar,diharapkan dapat mengurangi penggunaan sampah plastik dan beralih ecobag yangramah lingkungan. Serta dapat mengurangi pencemaran yang di sebabkan olehsampah plastik. Bila perlu tarif yang ditetapkan agar ditambah, karena  Rp 200,- rupiah tidak begitu berpengaruh bagimasyarakat, kebijakan ini juga berlaku bukan hanya di pasar swalayan saja,tetapi juga di berlakukan dipasar tradisional dan toko – toko lainnya.

Kitaharus mendukung kebijakan tersebut, karena dengan adanya kebijakan tersebutkita juga membantu pemerintah dalam mengurangi sampah plastik.

x

Hi!
I'm Katy!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out